Kering Kentang Balado

Recipes, Snack 0 Comments


Beberapa hari yang lalu ada yg request Kering Kentang yang crispy, renyah dan pedas mirip dengan Kering Kentang Mus****  😉 Apa sih rahasia supaya renyah? Biasanya menggunakan air kapur sirih supaya renyah. Tetapi bagi saya tanpa air kapur sirih, kentang nya pun bisa renyah kok. Saya hanya rendam dalam air garam. Yuk ikuti step by step.

Bahan:
1 kg kentang, kupas dan serut kasar
125 gram teri medan, cuci dan tiriskan
100 gram (kurleb 5 sdm) gula pasir
10 butir bawang merah, iris tipis
8 siung bawang putih, cacah halus
5 lbr daun jeruk
1 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk

Bumbu halus:
15 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
5 buah cabai merah besar

Cara Membuat:
– Cuci bersih kentang yang sudah diserut hingga airnya jernih. Rendam dalam air dan tambahkan 1-2 sdt garam. Sisihkan selama 1 jam. Tiriskan dan pastikan benar-benar kering tidak basah. Saya kadang menggunakan kain lap bersih atau kitchen towel.
– Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng cukup banyak.
– Pertama goreng teri medan hingga cokelat keemasan. Gunakan api sedang. Tiriskan dan sisihkan.
– Gunakan wajan yang sama, goreng separuh kentang. Gunakan api sedang. Saya bagi menjadi dua kali penggorengan supaya tidak terlalu penuh. Goreng hingga setengah matang dan tiriskan. Goreng separuh kentang lagi hingga setengah matang. Tiriskan.
– Besarkan api dan goreng kentang yang tadi kita goreng pertama. Gunakan api sedang-besar. Goreng hingga benar-benar crispy cokelat keemasan. Tiriskan. Goreng kembali separuh sisanya hingga cokelat keemasan. Tiriskan. Dinginkan sebentar. Dua kali penggorengan ini adalah tip supaya kentangnya kering dan crispy.
– Tuang minyak dan sisakan beberapa sdm minyak untuk menumis. Tumis bawang merah hingga setengah matang. Tambahkan bawang putih dan daun jeruk. Tumis hingga kecokelatan.
– Masukkan cabai yang sudah dihaluskan. Masak hingga cabai benar-benar kering tidak berair. Bila berair, nanti kentangnya menjadi tidak crispy.
– Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk. Masak hingga gula meleleh seperti gulali.
– Masukkan kentang dan teri. Aduk rata.
– Dinginkan dan simpan dalam toples.

Untuk 2 toples kecil

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *