Earl Grey Caramel Pudding

Dessert, Pudding - Jelly, Recipes 0 Comments


Biasanya membuat caramel puding itu membutuhkan oven. Berbeda dengan resep ini yang saya masak di atas kompor loh. Kalian yang tidak punya oven pun bisa buat. Bahannya super simple hanya gula, telur dan susu. Saya membuat rasa teh Earl Grey. Kalian biasa membuat plain dengan tambahan vanilla extract pun enak. Mau ganti teh dengan rasa lain juga boleh.

Bahan:

Untuk caramel:
4 sdm gula castor atau gula pasir
1 sdm air
1 1/2 sdm air untuk ditambahkan nanti setelah caramel jadi

Untuk puding:
250 mL susu putih UHT
5 sdm gula pasir
2 teabag Earl Grey
2 butir telur

Cara Membuat:
-Siapkan 4 gelas tahan panas dengan volume 130-150 mL per gelas. Olesi dengan butter. Sisihkan.
– Gunakan panci kecil alumunium, tambahkan 4 sdm gula dan 1 sdm air. Panaskan hingga berubah menjadi caramel. Sesaat warna menjadi cokelat keemasan, matikan api. Tambahkan 1 1/2 sdm air dalam 2-3 tahap. Hati-hati meletup yah.. Bagi caramel ke dalam 4 gelas sama rata. Sisihkan supaya mengeras.
– Panaskan susu bersama gula dan teh hingga gula meleleh dan hampir mendidih. Matikan api dan diamkan sebentar 2-3 menit.
– Kocok lepas telur dan tambahkan susu. Aduk rata. Saring. Tuang ke dalam keempat gelas yang caramelnya sudah mengeras sama rata. Tutup dengan alumunium foil satu persatu.
– Panaskan panci pendek dengan air secukupnya. Beri kain lap bersih di dasar panci. Letakkan gelas pudding perlahan. Tutup dan masak selama 20 menit. Gunakan api kecil. Lihat foto.
– Matikan api dan dinginkan. Keluarkan puding. Perlahan ya karena sangat rapuh. Teksturnya super lembut.
– Dinginkan dan sajikan.

Untuk 4 puding

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *