Chocolate Orbit Cake

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments

Pertama dengar nama kue ini saat nonton acara Masterchef di TV. Penasaran banget dengan teksturnya karena kelihatan lembut  dan chocolate banget. Akhirnya coba mencari tahu dan mencoba belajar. Resep berikut adaptasi dari resep “Ready for Dessert”. Dinamakan Orbit Cake karena tekstur permukaan kue ini yang berlubang-lubang mirip kawah. Resep ini tanpa tepung terigu loh, jadi gluten free 😊 Teksturnya seperti puding dan mousse tetapi padat. Enak banget meleleh di dalam mulut..

Bahan:
290 gram dark compound chocolate, cacah kasar
200 gram gula castor atau gula pasir
200 gram unsalted atau salted butter
5 butir telur, suhu ruangan
Cocoa powder secukupnya

Cara Membuat:
– Panaskan oven pada suhu 175oC.
– Siapkan loyang bulat 23 cm (yang bisa dibuka ya. Ada dua bagian: dasar dan dinding) Olesi dengan butter dan taburi tipis dengan bubuk cocoa. Lapisi bagian luar dengan alumunium foil. Double lapisan atau bahkan lebih supaya memastikan tidak meluber atau air tidak masuk. Sisihkan.
– Lelehkan chocolate dan butter di atas Bain Marie. Apa itu Bain Marie? Boleh buka di website saya untuk keterangan lebih detail.
– Kocok telur dan gula hingga rata. Tidak perlu mixer. Tuang chocolate yang sudah leleh. Aduk rata.
– Tuang ke dalam loyang. Tutup loyang dengan alumunium foil.
– Letakkan loyang ke dalam loyang lebih besar atau baking tray. Tuang air panas hingga separuh ketinggian kue. Jadi kue ini di masak di dalam waterbath. Lihat foto supaya lebih jelas.
– Panggang selama 1 jam 15 menit. Teksturnya masih sedikit basah dan tidak padat banget. Mirip puding. Lihat video supaya lebih jelas. Keluarkan dan dinginkan.
– Potong setelah dingin dan sajikan dengan whipped cream, ice cream atau chocolate sauce.

Untuk 1 loyang 23 cm

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *