Spaghetti Pesto

Main, Nasi - Mie - Pasta, Recipes 0 Comments

Saus pesto sangat menarik karena warnanya hijau terang. Selain itu saus ini sangat simple dibuat, tanpa perlu dimasak, juga sangat sehat. Rasanya sama sekali engga seperti jamu walau dibuat dari daun basil. Saya sih suka. Buat saus ini menggunakan daun basil segar, minyak zaitun berkualitas dan keju parmesan yang enak. Sisa saus bisa digunakan untuk banyak hal. Olesan atau spread untuk sandwich, bumbu marinade ayam, dicocol dengan roti French Bread atau Foccacia juga enak. 
 
Bahan:
300 gram pasta kering spaghetti
120 mL krim whipping cream atau cooking cream 
Optional: Saya sajikan dengan Chicken Gordon Bleu di atas nya
Garam dan merica secukupnya
Extra parmesan untuk topping 
 
Untuk saus pesto:
2 ikat daun basil, petik (dua genggaman besar)
60 gram keju parmesan, parut
175 mL minyak zaitun
50 gram pine nuts (boleh diganti dengan almond), sangrai
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam dan merica hitam secukupnya
 
Cara Membuat:
– Buat saus dengan cara memblender aemua bahan kecuali minyak. Masukkan minyak sedikit demi sedikit hingga habis. Gunakan 6 sdm penuh untuk dimasak dan sisanya bisa disimpan dalam lemari es. 
– Rebus sepanci air dan beri garam. Rebus spaghetti hingga matang dan tiriskan. Sisakan sedikit air rebusan bila sausnya terlalu kental bisa ditambahkan.
– Tambahkan 6 sdm saus pesto dan krim ke spaghetti dan aduk rata. Koreksi rasa. Saya tambahkan krim supaya hasilnya creamy. Lebih enak menurut saya tetapi itu optional yah.
– Sajikan selagi panas. Berhubung kemarin saya memasak Chicken Gordon Bleu dan masih ada sisa, saya sajikan dengan extra topping Chicken Gordon Bleu 😆 
 
Untuk 3 porsi
 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *